PEMBAHASAN
Kita mengenal semboyan dunia pendidikan adalah
Tut Wuri Handayani yang berarti dibelakang memberi dorongan.Dorongan yang
dimaksud sama artinya dengan motivasi,oleh karena itu pendidikan merupakan
motivasi yang digunakan untuk meningkatkan taraf hidup manusia.Jika seseorang
sukses maka taraf hidupnya meningkat dan sebaliknya.Kesuksesan dapat dimulai
dari bangku sekolah,kesuksesan yang dimaksud adalah berupa prestasi.Jadi prestasi
adalah kesuksesan seorang siswa.Dalam hal ini prestasi menjadi tujuan dan
motivasi adalah hal yang akan membantu siswa mencapai tujuannya.Oleh karena itu
kita perlu mengetahui lebih jauh lagi tentang motivasi,yaitu sebagai berikut:
A.Pengertian
Motivasi
Motivasi disebut juga motif,berasal
dari bahasa latin “movere” dan dari bahasa inggris “to move”yang artinya sama
yaitu menggerakkan atau mendorong.Motivasi merupakan semua kekuatan yang ada
dalam diri seseorang yang memberi kekuatan, memberi arah dan memelihara tingkah
laku untuk mencapai tujuan tertentu.
B.Macam-Macam
Motivasi
Motivasi diri timbul dan berkembang
berdasarkan dua dasar utama yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik
v Motivasi Intrinsik
Merupakan
dorongan yang memang ada pada diri sendiri,tanpa adanya pengaruh dari orang
lain dan lingkungan.
Hal-hal
yang dapat membentuk motivasi intrinsik dalam belajar
1.Adanya
kebutuhan
Manusia
selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya.Karena itu untuk menumbuhkan
motivasi dalam diri kita,maka harus kita ketahui terlebih dahulu jenis
kebutuhan kita.
2.Cita-cita
Mempunyai
pengaruh besar,sebab cita-cita adalah salah satu tujuan anak-anak melakukan
kegiatan belajar.
3.Keinginan
tentang kemajuan dirinya.
Setiap
orang tentu ingin dirinya menjadi orang yang hebat,sehingga keinginan untuk
menjadi hebat / maju tersebut akan memotivasi untuk selalu belajar.
4.
Minat.
Merupakan rasa suka atau
ketertarikan. Dalam dunia pendidikan contohnya adalah: seorang siswa yang
mempunyai minat dalam bidang sains. Karena minatnya tersebut maka ia akan
berusaha ingin tahu lebih banyak tentan
sains sehingga ia belajar.
v Motivasi Ektrinsik.
Merupakan
dorongan yang berasal dari luar individu
misalnya berupa ajakan,suruhan atau bahkan paksaan dari orang lain. Dalam hal
ini peran keluarga sebagai tempat utama dalam proses pendidikan sangat penting.
Orang tua mempunyai peran menumbuhkan motivasi ektrinsik ini.
Cara
menumbuhkan motivasi ektrinsik :
1.Pemberian
hadiah.
Sebagai salah satu
bentuk menghargai hal positif yang telah diperberbuat anak misalnya: Untuk
merangsang motivasi anak,orang tua bisa menjanjikan akan memberikan hadiah
nanti saat kenaikan kelas apabila nilai rapot anak bagus apalagi jika anak
mampu mendapatkan juara.
2.Kompetensi.
Artinya saingan. Adanya persaingan antar teman dalam
kegiatan belajar dikelas akan mampu menumbuhkan semangat belajar siswa.Karena
ada keinginan untuk menjadi yang terbaik.
3.Hukuman.
Merupakan alat pendidikan yang bersifat negatif,namun dapat
menjadi motivasi. Siswa akan berusaha belajar dan mengerjakan tugasnya untuk
menghindari hukuman.
Sebelum memberikan hukuman hendaknya guru dan orang tua mengetahui
tahapan-tahapan sebagai berikut:
a.Pemberitahuan. b.Teguran.
c.Peringatan. d.Hukuman.
4.Pujian.
Merupakan bentuk reinforcement (penguatan) yang positif
serta merupakan motivasi yang baik jika diberikan secara wajar,namun jika berlebihan dapat membuat anak menjadi sombong.
C.Pengaruh motivasi terhadap peningkatan prestasi siswa
Dalam belajar sangat diperlukan motivasi. Hasil belajar akan menjadi optimal, jika ada motivasi. Semakin tepat motivasi yang diberikan, akan semakin berhasil juga pelajaran itu.Jadi motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi para siswa.Dan usaha belajar yang optimal akan mampu mencapai prestasi yang optimal juga.Adapun manfaat motivasi belajar adalah:
a)
Motivasi
sebagai pendorong perbuatan
Memunculkan
minat belajar setelah ada suatu tujuan.
b) Motivasi sebagai penggerak perbuatan
Setelah
muncul minat,keinginan dan semangat untuk belajar.Tentu rasa itu harus di
implementasikan,tidak cukup hanya ada rasa ingin belajar saja tapi belajar itu
harus segera dilakukan.
c) Motivasi sebagai pengarah perbuatan
Dalam
hal ini motivasi akan menyeleksi perbuatan yang akan di lakukan siswa.Setelah
mempunyai tujuan yaitu prestasi,maka siswa akan berpikir perbuatan-perbuatan
apa saja yang dapat membawanya meraih prestasi itu.Dan perbuatan-perbuatan apa
saja yang tidak bermanfaat dalam meraih prestasi itu.Jadi motivasi akan
mengarahkan siswa untuk berbuat hal-hal yang akan membuatnya mencapai tujuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar