Rabu, 13 November 2013

Paper dasar-dasar kependidikan



PEMBAHASAN

 Kita mengenal semboyan dunia pendidikan adalah Tut Wuri Handayani yang berarti dibelakang memberi dorongan.Dorongan yang dimaksud sama artinya dengan motivasi,oleh karena itu pendidikan merupakan motivasi yang digunakan untuk meningkatkan taraf hidup manusia.Jika seseorang sukses maka taraf hidupnya meningkat dan sebaliknya.Kesuksesan dapat dimulai dari bangku sekolah,kesuksesan yang dimaksud adalah berupa prestasi.Jadi prestasi adalah kesuksesan seorang siswa.Dalam hal ini prestasi menjadi tujuan dan motivasi adalah hal yang akan membantu siswa mencapai tujuannya.Oleh karena itu kita perlu mengetahui lebih jauh lagi tentang motivasi,yaitu sebagai berikut:

A.Pengertian Motivasi
Motivasi disebut juga motif,berasal dari bahasa latin “movere” dan dari bahasa inggris “to move”yang artinya sama yaitu menggerakkan atau mendorong.Motivasi merupakan semua kekuatan yang ada dalam diri seseorang yang memberi kekuatan, memberi arah dan memelihara tingkah laku untuk mencapai tujuan tertentu.

B.Macam-Macam Motivasi
Motivasi diri timbul dan berkembang berdasarkan dua dasar utama yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik
v  Motivasi Intrinsik
Merupakan dorongan yang memang ada pada diri sendiri,tanpa adanya pengaruh dari orang lain dan lingkungan.

Hal-hal yang dapat membentuk motivasi intrinsik dalam belajar
1.Adanya kebutuhan
Manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya.Karena itu untuk menumbuhkan motivasi dalam diri kita,maka harus kita ketahui terlebih dahulu jenis kebutuhan kita.
2.Cita-cita
Mempunyai pengaruh besar,sebab cita-cita adalah salah satu tujuan anak-anak melakukan kegiatan belajar.
3.Keinginan tentang kemajuan dirinya.
Setiap orang tentu ingin dirinya menjadi orang yang hebat,sehingga keinginan untuk menjadi hebat / maju tersebut akan memotivasi untuk selalu belajar.
4. Minat.
Merupakan rasa suka atau ketertarikan. Dalam dunia pendidikan contohnya adalah: seorang siswa yang mempunyai minat dalam bidang sains. Karena minatnya tersebut maka ia akan berusaha ingin tahu lebih banyak tentan  sains sehingga ia belajar.


v  Motivasi Ektrinsik.
Merupakan dorongan  yang berasal dari luar individu misalnya berupa ajakan,suruhan atau bahkan paksaan dari orang lain. Dalam hal ini peran keluarga sebagai tempat utama dalam proses pendidikan sangat penting. Orang tua mempunyai peran menumbuhkan motivasi ektrinsik ini.


Cara menumbuhkan motivasi ektrinsik :
1.Pemberian hadiah.
 Sebagai salah satu bentuk menghargai hal positif yang telah diperberbuat anak misalnya: Untuk merangsang motivasi anak,orang tua bisa menjanjikan akan memberikan hadiah nanti saat kenaikan kelas apabila nilai rapot anak bagus apalagi jika anak mampu mendapatkan juara.
2.Kompetensi.
Artinya saingan. Adanya persaingan antar teman dalam kegiatan belajar dikelas akan mampu menumbuhkan semangat belajar siswa.Karena ada keinginan untuk menjadi yang terbaik.
3.Hukuman.
Merupakan alat pendidikan yang bersifat negatif,namun dapat menjadi motivasi. Siswa akan berusaha belajar dan mengerjakan tugasnya untuk menghindari hukuman.
Sebelum memberikan hukuman hendaknya guru dan orang tua mengetahui tahapan-tahapan sebagai berikut:
a.Pemberitahuan.  b.Teguran. c.Peringatan.  d.Hukuman.
4.Pujian.
Merupakan bentuk reinforcement (penguatan) yang positif serta merupakan motivasi yang baik jika diberikan secara wajar,namun jika  berlebihan dapat membuat anak menjadi sombong.

C.Pengaruh motivasi terhadap peningkatan prestasi siswa

Dalam belajar sangat diperlukan motivasi. Hasil belajar akan menjadi optimal, jika ada motivasi. Semakin tepat motivasi yang diberikan, akan semakin berhasil juga pelajaran itu.Jadi motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi para siswa.Dan usaha belajar yang optimal akan mampu mencapai prestasi yang optimal juga.Adapun manfaat motivasi belajar adalah:

a)      Motivasi sebagai pendorong perbuatan
      Memunculkan minat belajar setelah ada suatu tujuan.
b)      Motivasi sebagai penggerak perbuatan
Setelah muncul minat,keinginan dan semangat untuk belajar.Tentu rasa itu harus di implementasikan,tidak cukup hanya ada rasa ingin belajar saja tapi belajar itu harus segera dilakukan.
c)      Motivasi sebagai pengarah perbuatan
Dalam hal ini motivasi akan menyeleksi perbuatan yang akan di lakukan siswa.Setelah mempunyai tujuan yaitu prestasi,maka siswa akan berpikir perbuatan-perbuatan apa saja yang dapat membawanya meraih prestasi itu.Dan perbuatan-perbuatan apa saja yang tidak bermanfaat dalam meraih prestasi itu.Jadi motivasi akan mengarahkan siswa untuk berbuat hal-hal yang akan membuatnya mencapai tujuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar